Universitas Wiralodra Kampus Bersinar pertama di Ciayumajakuning

Universitas Wiralodra – Peresmian Universitas Wiralodra menjadi Kampus Bersinar (Bersih Narkoba) adalah wujud komitmen Unwir dalam memerangi bahaya laten narkoba. Kampus Bersinar ini adalah program Artipena (Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba) dan BNN (Badan Narkotika Nasional). Pernyataan melawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ini ditindaklanjuti dalam naskah kerjasama antara perguruan tinggi dan BNN yang digagas oleh artipena beberapa bulan yang lalu. Kerjasama tersebut diimplementasikan oleh Artipena dengan mengelar beberapa seminar di kampus-kampus di Jawa Barat dengan tujuan mengedukasi masyarakat kampus pentingya melawan bahaya laten narkoba.

Pemberian cinderamata oleh Rektor Unwir kepada Pjs Bupati Indramayu dan para narasumber

Dalam kesempatan ini Komisariat Artipena Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) yang diketuai oleh Dr. Ujang Suratno, S.H., M.Si (Rektor Universitas Wiralodra) menggelar Webinar dengan tema “Pembentukan dan Penguatan Satgas P4GN dalam Mewujudkan Kampus Bersinar” di Kampus Universitas Wiralodra Rabu 02/12/2020. Webinar tersebut merupakan tindak lanjut Mou Perguruan Tinggi Anggota Artipena dengan BNN Jabar dan BNNK se Jawa Barat dalam rangka mendorong implementasi sinergitas program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) khususnya di lingkungan Kampus Perguruan Tinggi Jawa Barat. Webinar tersebut menghadirkan Ketua Artipena Jawa Barat Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp. M.Si. M.Kom., Kepala BNN Cirebon AKBP Yaya Satyanagara, S.H., Pjs Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono, M.M. dan Dr. Ujang Suratno, S.H., M.Si (Ketua Komisariat Artipena Ciayumajakuning). Pada akhir webinar Dr. Eki Baihaki, M.Si (Moderator) memberikan kesempatan kepada para narasumber untuk menyampaikan pernyataan penutup. Para narasumber menyampaikan bahwa pada prinsipnya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melawan narkoba dengan menjadi relawan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan berpartisipasi aktif menolak narkoba dilingkungannya masing-masing.

Foto bersama

Sesuai dengan tema yang diusung pada penyelenggaraan webinar tersebut Universitas Wiralodra menjadi Perguruan Tinggi pertama di Ciayumajakuning yang sudah memiliki Satgas P4GN, selain itu sebagai wujud komitmen dan dukungan terhadap P4GN Universitas Wiralodra mempelopori deklarasi Kampus dan Desa Bersinar yang ditanda tangani oleh stakeholder yang hadir diantaranya Kepala BBN Kabupaten/Kota, Kepolisian, BNNP, dan Pimpinan Perguruan Tinggi Seciayumajakuning.

Penandatanganan deklarasi kampus bersinar dan desa bersinar