42_stunting_01

Universitas Wiralodra. Selasa, 07 Agustus 2023. Kelompok KKN PPM Universitas Wiralodra Desa Lobener Lor Tahun 2023 yang merupakan gabungan dari mahasiswa Kelas Regular (kelas pagi) Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kelas Non Regular (kelas karyawan atau kelas sore) Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi memberikan Penyuluhan Mengenai Stunting dan Pelatihan MPASI Kreatif Pada Masyarakat Terutama Ibu Hamil dan Ibu yang Memiliki Balita Di Desa Lobener Lor. Kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu Merpati Pos 3 Lobener Lor.

Stunting adalah suatu kejadian dimana kekurangan asupan gizi pada anak sehingga masa pertumbuhan dan perkembangannya mengalami gangguan atau keterhambatan. Salah satu upaya untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya stunting yaitu memberikan penyuluhan. Sedangkan, MPASI (Makanan Pendamping ASI) merupakan makanan atau minuman yang memiliki asupan gizi seimbang dan diberikan kepada anak dari usia 6 hingga 24 bulan.

Pemberian MPASI tentu membutuhkan kreativitas seorang ibu agar anak-anak dapat mengonsumsi makanan yang diberikan dengan lahap serta anak-anak tidak merasa bosan dengan menu makanan yang sama. Oleh sebab itu, dilakukan pelatihan MPASI Kreatif menggunakan bahan makanan berupa nasi, telur, bawang merah, bawang putih, tomat.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sesuai dengan tema KKN PPM Unwir yaitu Bersama Unwir Mewujudkan Zero Stunting di Kabupaten Indramayu. Selain itu, memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai stunting dan pelatihan MPASI Kreatif kepada masyarakat terutama ibu hamil dan ibu yang memiliki balita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *