40_tim_kkn_ppm_01

Universitas Wiralodra. Selasa, 05 Agustus 2023. Bertempat di balaidesa singajaya kecamatan indramayu, Tim KKN PPM Universitas Wiralodra dengan dibantu oleh perangkat desa serta Ibu Bidan Desa yaitu Ibu Nana Nurhasanah, A.Md. Keb. telah berhasil mengaktifkan kembali kegiatan posrem (posyandu remaja) yang dulunya sudah tidak aktif dikarenakan perkembangan jaman. Di era serba digital atau yang biasa kita sebut dengan era 4.0 sangat sulit sekali untuk menyadarkan remaja dalam menjaga kesehatan terutama pada kesehatan diri. Banyak sekali remaja yang sudah terjerumus ke dalam zona candu bermain game online, karena saking asiknya bermain game online mereka sampai lupa untuk makan sehingga gizi hariannya menjadi tidak terpenuhi. Dengan kurangnya gizi yang masuk ke dalam tubuh remaja, badan akan menjadi mudah sakit dan yang paling jelas terlihat adalah badan menjadi sangat kurus sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kekurangan gizi. Untuk mengurangi dampak dari kejadian tersebut, kami selaku kelompok pengabdian Universitas Wiralodra mengadakan kegiatan Posyandu Remaja dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan serta memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para remaja khususnya yang ada di desa singajaya. Kegiatan ini diketuai oleh Annisa Nuraini dengan total remaja yang hadir yaitu sekitar 16 orang remaja.

Selain mengadakan kegiatan posyandu remaja, Kelompok 2 KKN PPM juga telah sukses mengadakan beberapa program pendukung lain demi menurunkan angka stunting di desa singajaya, kecamatan indramayu diantaranya:

  1. Penyuluhan Mengenai PHBS dan Praktik Mencuci Tangan & Menggosok Gigi Di Sekolah Dasar

Sasaran pada penyuluhan ini yaitu siswa dan siswi yang ada di desa singajaya, kecamatan indramayu. Sekolah yang kami tuju diantaranya SD Negeri Singajaya 2 dan MI Assalafiyah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siswa dan siswi untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

2. Penyuluhan Mengenai Pentingnya ASI Eksklusif dan Pemberian MPASI

Pada kegiatan ini mahasiswa dari peminatan gizi mempraktikan caranya untuk membuat makanan pendamping asi bagi ibu yang memiliki balita dengan tujuan untuk memberikan gizi tambahan demi memenuhi kebutuhan gizi harian sang buah hati, kegiatan ini juga di isi langsung oleh dosen sekaligus kaprodi FKM yaitu ibu Siti Pangarsi Dyah Kusuma Wardani, S. SIT, M.K.M.

Selain program yang dilaksanakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas lain juga memiliki program pengabdian diantaranya program pembuatan sertifikat tanah oleh tim Hukum dan program pembuatan NIB serta pengenalan aplikasi keuangan SiApik oleh tim Ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *