38_kknt_tawang_pelatihan_01

Universitas Wiralodra. Selasa, 27 Juni 2023. Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dngan menggunakan waktu dan kegiatan disertai dengan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Kewirausahaan meupakan salah satu pendorong perekonomian suatu negara yang didalamnya para wira usaha atau pengusaha membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Kewirausahaan dikaitkabn dengan proses, pembentukan atau pertumbuhan suatu bisnis berorintasi untuk mendapatkan kuntungan, peniptaan nilai dan pembentukkan produk yang unik dan inovatif. Kemampuan berinovasi inilah yang menjadi dasar, kiat dan sumber daya untuk mendapatkan peluang menuju sukses.

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide dan gagasan melalui berfikir kreatif menciptakan sesuatu yang menuntut, perhatian, pemusatan , kemauan, kerja keras, dan ketekunan sedangkan inovasi ialah penciptaan produk dan layanan baru yang bernilai bagi pelanggan dengan cara yang didukung oleh model bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Kegiatan ini bertempat di rumah ibu Wati selaku mitra dan ketua kelompok ibu-ibu PKK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan danmengembangkan kemampuan ibu-ibu PKK yang ada didesa tawangsari. Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan buket, sticker, dan pembuatan akun e-commerce. Selain itu juga, kami mahasiswa KKNT kelompok 6 desa tawangsari dar fakultas ekonomi memberikan pelatihan pembuatan desain produk, dan packaging terhadap UMKM telur asin di desa Tawangsari.       

Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK dan bapak karnaim selaku pemilik UMKM telur asin 3 putri. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kader ibu-ibu PKK yang berjumlah 10 orang. Pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara berkelompok, dimana dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok berisi 2 orang dan masing-masing dari tiap kelompok didampingi oleh rekan-rekan KKNT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *