35_kknt_tawangsari_01

Universitas Wiralodra. Sabtu, 24 Juni 2023. Alat peraga matematika sederhana pada dasarnya tidak perlu membeli dan mahal. Bahkan anak-anak SD bisa dilatih membuat alat peraga matematika sederhana sehingga terasah kreativitas mereka dan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik. Salah satunya misalnya pada kegaiatan pelatihan pembuatan dan penggunaan alat hitung perkalian sederhana. Anak-anak diberikan kesempatan mengasah kreativitasnya dan memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

Kegiatan ini bertempat di Posko KKNT Kelompok 6 Desa Tawangsari, Kec. Arahan, Kab. Indramayu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga matematika berbahan kardus bekas dan melatih anak-anak SD untuk memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai guna, serta mengasah kreativitas mereka melalui kegiatan pelatihan ini. Tentunya dengan adanya pelatihan ini anak-anak SD tidak hanya sekedar mendapatkan ilmu melainkan juga mendapatkan pengalaman. Pembuatan alat peraga matematika menggunakan kardus bekas akan memberikan edukasi secara khusus kepada siswa SD untuk memanfaatkan barang bekas sebagai sesuatu yang bermanfaat. Pembuatan alat peraga yang melibatkan siswa secara langsung akan memberikan pengalaman kepada siswa dan akan terbentuk pemahaman konsep oleh siswa tentang penggunaan alat peraga. Alat peraga tersebut dapat menjembatani pemikiran siswa dalam memahami materi.

Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak SD. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh anak-anak SD berjumlah 14 dengan dibantu oleh rekan-rekan KKNT Kelompok 6 Desa Tawangsari. Pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara berkelompok, dimana dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok berisi 2-3 orang dan masing-masing dari tiap kelompok didampingi oleh rekan-rekan KKNT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *