33_kknt_arahanlor_01

Universitas Wiralodra. Rabu dan Jumat 17 & 19 Mei 2023. Kelompok 03 KKNT Desa Arahan Lor Universitas Wiralodra menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Kenakalan Remaja terhadap Peserta Didik SMPN 1 Arahan pada hari Rabu dan Jumat 17 & 19 Mei 2023, kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Arahan dengan dua hari pelaksanaan. Di mana pada tanggal 17 Mei 2023 dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kenakalan Remaja Terhadap Peserta Didik SMPN 1 Arahan yang dihadiri oleh perwakilan dari peserta didik kelas VIII SMPN 1 Arahan, selain itu juga dihadiri oleh peserta dari via online (zoom).

Kegiatan selanjutnya yaitu Bimbingan Klasikal yang dilaksanakan pada 19 Mei 2023 yang disampaikan kepada seluruh kelas VII SMPN 1 Arahan.

Kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh para peserta. Bimbingan yang di gunakan dalam kegiatan ini menggunakan metode Bimbingan Klasikal, yang mana bimbingan ini mampu membantu peserta didik agar mandiri, berkembang, dam optimal dalam bidang, social, belajar, dan karir, serta mencapai keselarasan antara pikiran, perasaan dan perilaku.

Penyuluhan yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan metode Communicative Activities yang mana metode ini merupakan kegiatan mendengar aktif, di mana pemantik atau peserta mengulang-ngulang perkataan yang disampaikan. Kegiatan ini di maksudkan untuk mengklasifikasikan apakah peserta sudah memahami apa yang disampaikan sehingga mampu meningkatkan keterampilan mendengar para peserta. Bentuk dari metode ini adalah komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Metode ini dikombinasikan dengan penayangan slide agar mempermudah peserta untuk memahami materi yang disampaikan.

Selain itu juga terdapat beberapa Pemantik yaitu dari mahasiswa fakultas hukum Universitas Wiralodra di antaranya adalah Mutiara Malik, Anis Salsabila, dan Manarul Hidayat.

Kemudian tujuan dari kegiatan Bimbingan dan penyuluhan kenakalan remaja terhadap peserta didik smpn 1 arahan adalah dapat tersampaikannya informasi mengenai pentingnya pemahaman dan pencegahan bahayanya kenakalan remaja. Selain itu dengan diselenggarakannya bimbingan dan penyuluhan ini Ketua Kelompok KKNT Kelompok 03 Desa Arahan Lor yaitu saudara Nur Rohim mengungkapkan “kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini, para peserta dapat mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh pemantik, kegiatan tersebut juga banyak manfaat yang didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *