Universitas Wiralodra. Sabtu,13 Mei 2023. Mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat atau yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) tahun 2023 melaksanakan program pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM Desa Kedokanbunder Wetan.

Nomor Induk Berusaha atau NIB adalah sebuah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh pemerintah melalui lembaga OSS (Online Single Submission). Dengan memiliki NIB, usaha kita akan mendapatkan perlindungan hukum yang legal serta mendapat jaminan kepastian. Selain itu, dengan memiliki NIB juga dapat mempermudah proses perizinan usaha.

Dilihat dari data pelaku usaha di Kabupaten Indramayu kecamatan Kedokan Bunder, Sebanyak 817 pelaku UMKM di desa Kedokanbunder Wetan. Namun masih banyak yang belum mempunyai Nomor Induk Berusaha. Oleh karena itu mahasiswa Universitas Wiralodra mengajukan kepada kepala desa Kedokanbunder Wetan Bapak H. Khamdan untuk melaksanakan program kerja Pembuatan NIB.

Pelaksanaan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) ini bertempat di kantor Balai Desa Kedokanbunder Wetan. Acara dimulai pada hari Sabtu pukul 13.00 WIB.

“Terimakasih kepada mahasiswa Universitas Wiralodra yang telah membantu pelaku UMKM di desa Kedokanbunder Wetan, semoga dengan didaftarkannya pelaku UMKM ini, program pemerintah dapat tepat sasaran” ucap H. Khamdan selaku kepala desa Kedokanbunder Wetan.

Mulanya kegiatan ini dihadiri oleh 7 orang pelaku UMKM. Namun keesokan harinya banyak pelaku UMKM berbondong-bondong mendatangi posko mahasiswa KKNT yang terletak di Blok Truwali, Desa Kedokanbunder Wetan karena kurang sampainya informasi yang di terima oleh semua pelaku UMKM desa Kedokanbunder Wetan. Sampai tanggal 21 Mei 2023, sebanyak 26 pelaku UMKM yang didaftarkan NIB oleh mahasiswa Universitas Wiralodra.

“Terimakasih kami ucapkan kepada pelaku UMKM di Desa Kedokanbunder Wetan yang telah berpartisipasi, semoga dapat bermanfaat bagi usaha Bapak/Ibu kelola” ucap Irfan Faiq Marzuki selaku ketua pelaksana kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *