09_kkn_01

Universitas Wiralodra. Jumat & Sabtu, 19 & 20 Mei 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan 2 hari pelaksanaan. Adanya kasus bullying di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun, hal ini didukung dengan adanya data dari Kementrian Sosial yang menunjukan bahwa sebangak 12,1% kasus yang ditangani Kemensos merupakan kasus bullying. Meningkatnya kasus bullying yang terjadi di Indonesia, tidak terkecuali salah satunya di Desa Gedangan yang membuat banyak korban menjadi trauma dan berpengaruh pada kesehatan mentalnya.

Pengabdian ini bertujuan untuk mengsosialisasikan pengertian, jenis, dan dampak dari bullying bagi pelaku dan korban di SDN Cadangpinggan 3 Desa Gedangan agar peserta dapat memahami pentingnya penerapan anti bullying di kehidupan sehari-hari. Selain itu tujuan dari dilakukannya pengabdian ini adalah untuk mecegah agar tidak terjadi kasus bullying di sekolah dasar ini.

Kegiatan kami mengusung tema “Stop Bullying Anak Usia Dini” dengan pemberian materi mengenai anti bullying yang disampaikan oleh 2 orang yaitu penulis dan rekan penulis. Adapun isi dari materi yang kami sampaikan meliputi : 

– Pengertian bullying 

– Jenis-jenis bullying 

– Penyebab bullying 

– Refleksi diri 

– Akibat dari bullying 

– Dampak dari bullying 

– Stop bullying

Setelah pemberian materi, kami mempersilahkan peserta untuk bertanya terkait materi bullying dan sharing pengalaman mengenai perilaku bullying yang pernah mereka lihat ataupun alami. Peserta yang mau bertanya dan sharing tentang pengalaman mereka mendapatkan reward dari panitia. Games yang telah kami siapkan berupa permainan tebak kata. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan presensi. Teknis games adalah 1 kelompok terdiri dari 3-4 orang pertama akan memilih kertas yang telah disiapkan panitia secara acak. Kertas tersebut berisi kata kunci yang hanya boleh diperagakan menggunakan gerakan tubuh saja. Orang pertama akan memeragakan kata kunci yang sudah diberi kepada orang kedua begitupun selanjutnya hingga sampai ke orang terakhir yang harus menebak apa kata kunci yang dimaksud.

Dari kegiatan yang telah kami lakukan mendapatkan respon positif baik dari peserta maupun Bapak Ibu Guru yang ada di SDN Cadangpinggan 3. Bagi penulis pengabdian ini bermanfaat untuk menambah pengalaman serta meningkatkan rasa kepedulian sosial sebagai warga negara yang baik dan beretika. Selain itu, setelah terlaksananya pengabdian ini penulis berharap, materi yang telah disampaikan mengenai Bullying dapat bermanfaat bagi Siswa Siswi Kelas 4 SDN Cadangpinggan dan dapat diemplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *