2022_kkn_literasi_digital_01

Universitas Wiralodra, 19/8/2022. Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Wiralodra Desa Losarang melalui Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan laksanakan kegiatan Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Mengenalkan Literasi Digital pada Anak-anak Tingkat Sekolah Dasar di Desa Losarang. Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD SDN Tunas Harapan Losarang.

Literasi adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa dan gambar dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan mengelolah informasi yang berkaitan dengan situasi sosial. Adapun digital adalah segala bentuk kata, gambar, vidio dan segala aplikasi yang ada yang di jelaskan dalam komputer. Literasi digital juga didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital. Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.

Literasi digital memberdayakan individu untuk berkomunikasi dengan orang lain, bekerja lebih efektif, dan peningkatan produktivitas, terutama dengan orang-orang yang memiliki keterampilan dan tingkat kemampuan yang sama. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.

Tujuan dilaksanakannya program pendukung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini yakni untuk membiasakan membaca pada diri para siswa, memberikan pemahaman akan pentingnya membaca, dan mengenalkan literasi digital kepada siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *