2022_kkn_edukasi_usia_dini_01

Universitas Wiralodra, 11/8/2022. Pendidikan dan edukasi merupakan salah satu aspek paling penting bagi anak-anak di usia dini. Pendidikan dan edukasi berperan penting dalam membentuk karakter dan pondasi yang kuat untuk menciptakan siswa yang berkualitas. Demi menanamkan karakter dan pondasi tersebut sedini mungkin pada siswa – siswi sekolah dasar di Desa Kertajaya, kelompok mahasiswa KKN Desa Kertajaya melakukan kegiatan program pendukung dari tiga program studi, diantaranya Pendidikan Bahasa Inggris, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Hukum. Ketiga program pendukung tersebut dilaksanakan dalam satu tempat dan waktu yang sama, yang kemudian dibagi menjadi tiga jadwal mengingat ada tiga SD yang terdapat di Desa Kertajaya, diantaranya adalah UPTD SDN Kertajaya 1, UPTD SDN Kertajaya 2, dan UPTD SDN Kertajaya 3. Kemudian kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022, 1 Agustus 2022, dan 3 Agustus 2022.

Program pendukung dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris berfokus pada pengenalan bahasa Inggris pada kelas 6 SD. Faktor utama diadakan program tersebut ialah karena melihat kondisi kurikulum 2013 yang mana bahasa Inggris sudah ditiadakan dalam mata pelajaran di Sekolah Dasar sejak tahun ajaran 2014/2015. Tujuan lainnya adalah agar siswa sekolah dasar termotivasi untuk belajar bahasa Inggris serta menambah wawasan mereka terhadap bahasa asing. Metode pembelajaran fun learning yang diimplementasikan oleh Ketua Pelaksana Program, Ahmad Noor Ibrahim, mampu membuat kondisi belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Beragam reward dan hadiah disiapkan untuk siswa-siswa SD yang berprestasi dalam menjawab soal pretest dan posttest serta cokelat yang juga diberikan ketika ada siswa yang berani maju ke depan. Materi yang diajarkan dalam kegiatan ini sangatlah dasar yaitu hanya berupa hobbies & holiday activities yang mana merupakan topik favorit bagi anak-anak.

Sementara itu Program Pendukung dari Program Studi Kesehatan Masyarakat berfokus pada Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) disertai dengan praktik cuci tangan dan sikat gigi kepada siswa kelas 2 SD. Nurul Hidayah selaku Ketua Pelaksana Program menjelaskan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi PHBS dengan praktik cuci tangan dan gosok gigi adalah agar anak – anak desa Kertajaya lebih perduli akan personal hygiene serta anak-anak paham mengenai pentingnya mencuci tangan dan menggosok gigi agar tidak terkena penyakit menular. Kemudian manfaat dari program ini yaitu dapat menambah pengetahuan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dan anak-anak dapat mempraktikan cuci tangan dan gosok gigi dengan benar.

Program pendukung terakhir yang dilaksanakan serentak bersama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Kesehatan Masyarakat adalah program yang berasal dari Prodi Ilmu Hukum. Program pendukung yang dimaksud berfokus pada sosialisasi mengenai dampak bullying di lingkungan sekolah dasar. Sasaran dari program tersebut ialah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Ade Irah selaku ketua pelaksana program menyampaikan bahwasannya tujuan daripada program tersebut ialah untuk mencegah bullying di lingkungan Sekolah Dasar yang mana merupakan langkah awal untuk membentuk dan menanamkan karakter yang baik kepada pribadi anak-anak tersebut.

Tim KKN Kelompok 26 Desa Kertajaya berharap agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di tiga SD di desa Kertajaya tersebut dapat menjadi awal atau dasar daripada terbentuknya motivasi belajar yang kuat pada siswa-siswa sekolah dasar di desa Kertajaya. Kemudian juga diharapkan agar ilmu – ilmu yang telah diberikan dapat berguna dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari oleh siswa-siswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *