2022_kkn_dgital_martketing_01

Universitas Wiralodra, 30/7/2022. Era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dalam dunia usaha menjadi sangat ketat. Perusahaan saling berlomba-lomba dalam bersaing untuk mempertahankan usaha agar tetap kuat di tengah persaingan yang sengit. Menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama serta meningkatkan volume penjualan dengan strategi pemasaran melalui internet merupakan tujuan perusahaan. Menciptakan pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti terus meningkatkan kualitas produk serta mengeluarkan produk dengan inovasi yang lebih baru. Selain itu mempermudah cara memperoleh produk dengan berbagai teknologi internet juga sebagai salah satu alasan di mana pelanggan bertahan pada suatu produk.

Oleh karena itu internet sekarang menjadi kebutuhan pokok oleh sebagian besar orang selain kebutuhan pangan, sandang dan papan. Fenomena penggunaan internet yang diperkirakan semakin lama akan meningkat ini tentu menjadi sebuah peluang usaha bisnis baru dengan menyediakan toko online sebagai bagian dari ecommerce. E-commerce menjadi tren yang sedang berkembang dengan menciptakan peluang baru bagi perusahaan dan konsumen dengan jumlah pendapatannya yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Perusahaan semakin menyadari fakta tersebut dan mereka sering menggunakan media e-commerce ke dalam strategi bisnis sebagai saluran distribusi.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Desa Losarang Kecamatan Losarang kembali laksanakan Program Pendampingan terhadap UMKM di wilayah sekitar. Kolaborasi Program Pendukung antara Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Komputer dan Mahasiswa Program Studi Menejemen Fakultas Ekonomi di Desa Losarang yakni  “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pendapata UMKM dan Pembuatan akun bisnis pada Marketplace Online dan Penambahan Titik Lokasi bisnis pada Google Maps untuk UMKM di Desa Losarang”

Menyasar pada masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Losarang, Mahasiswa KKN laksanakan Program kerja secara estafet. Ibu Juleha salah satu Warga Desa Losarang yang memiliki UMKM Kerupuk Kulit Ikan Cucut “KULCUT” kami lakukan edukasi Digital Marketing,Pembuatan akun bisnis pada Marketplace Online dan Penambahan Titik Lokasi bisnis pada Google Maps. Ini semua kami upayakan agar memang UMKM Daerah khususnya di Desa Losarang bisa dikenal masyarakat luas dan bisa di beli dari marketplace. Kemudian Usaha Laundry juga yang kini mulai hadir di desa-desa kami bantu untuk promosi dan kami bantu buatkan Lokasi Pada Google Maps, seperti halnya yang kami lakukan pada Pak Ferry pemilik usaha Ferry Laundry di Desa Losarang. Fahda Fauziah Ketua Kelompok 7 KKN Desa Losarang ini menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya program pendukung Mahasiswa Teknik Komputer Fakutas Teknik dan Mahasiswa Program Studi Menejemen Fakultas Ekonomi dalam kegiatan KKN ini yakni diharapkan para pemilik UMKM dapat memahami cara memasarkan produknya melalui digital marketing sehingga dapat meningkatkan pendapatan UMKM dengan mengembangkan usahanya melalui Marketplace Online dan juga dapat menjangkau konsumen secara luas, cepat dan efektif, serta menambahkan lokasi UMKM pada google maps agar mudah ditemukan oleh pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *