2020_kkn_buat_nib_01

Universitas Wiralodra, 27/7/2022. Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wiralodra tahun 2022 desa Wirakaan khususnya Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi,laksanakan Program Pendukung Ekonomi tentang Penggunaan Media Sosial, E-commerce, dan Digitalisasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) terhadap UMKM di Desa Wirapanjunan.

Mahasiswa KKN melakukan Pendataan UMKM di Desa Wirapanjunan dilakukan secara door to door pada pelaku UMKM di masyarakat. Hal ini dilakukan karena cara tersebut merupakan cara yang paling efektif agar tidak terjadi kesalah pahaman tentang penerimaan bantuan sosial yang saat ini sering diberikan Pemerintah kepada pelaku UMKM di Pedesaan.

Pengerjaan program kerja Fakultas Ekonomi dilakukan selama 2 hari di Desa Wirapanjunan. Hari pertama pada tanggal 27 Juli 2022 melakukan pendataan UMKM yang ada di Desa Wirapanjunan dan Penyuluhan mengenai Penggunaan Media Sosial serta E-commerce, dan hari kedua pada tanggal 28 Juli 2022 melakukan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk para UMKM di Desa Wirapanjunan yang sudah terdata. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pendampingan kepada UMKM berkaitan dengan Media Sosial, E-commerce terhadap UMKM di Desa Wirapanjunan. Abdul Rois Ketua KKN Desa Wirapanjunan menyampaikan bahwa banyak sekali keuntungan ketika UMKM telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yakni ,Menyimpan Data Perizinan dalam Satu Identitas, Memperoleh Kelengkapan Berkas Usaha, Mendapat Pendampingan Usaha, Memperoleh Akses Pemodalan, Kesempatan Mengikuti Kegiatan Pemberdayaan, Memangkas Proses Perizinan dan Mendapat Kepastian dan Perlindungan Usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *