2020_kkn_18_01

Universitas Wiralodra, 22/7/2022. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 18 mengadakan kegiatan pendampingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku usaha di Balai Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Jumat 22 Juli 2022. Kegiatan pendampingan pembuatan NIB ini sangat menarik antusias masyarakat desa eretan kulon yang memiliki usaha. Sehingga dilaksanakan dari jam 09.00-13.00 WIB kegiatan ini ramai dihadiri masyarakat.

NIB merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS. NIB ini seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) versi pengusaha yang wajib dimiliki oleh pegiat usaha baik kecil maupun menengah. NIB ini bisa memudahkan pelaku usaha untuk mengajukan izin usaha dan komersial atau operasional sesuai dengan bidang usaha masing-masing.

Salah satu anggota KKN Kelompok 18 Naelatul Fariah mengatakan bahwa ini merupakan program pendukung kegiatan KKN dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra. Diawali dengan mengumpulkan data-data pelaku UMKM yang dilakukan oleh Tim, kemudian diinputkan ke Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS), “Masyarakat cukup membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), berikutnya kami membantu melakukan pendaftaran hak akses usaha mikro dan kecil, dilanjut pengisian dan registrasi akun NIB secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut, Naelatul menambahkan bahwa kelebihan dari pembuatan NIB Online tidak membutuhkan waktu lama, “Waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari satu jam. Setelah selesai, maka surat NIB akan keluar dan bisa langsung dicetak,” tambahnya.

Dengan demikian diharapkan kegiatan ini bisa membantu mendaftarkan para pelaku usaha yang belum memiliki NIB, juga mempercepat pelaksanaan berusaha serta bisa membantu memperbaiki perekenomian masyarakat di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur dengan diterbitkanya NIB bagi pelaku usaha tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *