2022_dies40_01

Universitas Wiralodra, 19/7/2022. Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata tahun 2022 Universitas Wiralodra dalam Rangkaian Dies Natalis Universitas Wiralodra Ke-40 tahun terasa Istimewa. Pasalnya, tahun ini mahasiswa dilepas langsung oleh Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina,SH,MH.,C.R.A di Pendopo Kabupaten Indramayu selasa, 19 juli 2022.

Bupati Indramayu Nina Agustina,SH.,MH.,C.R.A menyampaikan dalam sambutanya pada saat melaksanakan KKN nanti mahasiswa sebagai generasi muda haruslah mempunyai semangat juang yang tinggi serta mampu menjadi agen perubahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat.“KKN ini menjadi gerbang awal mahasiswa untuk dapat menjalani kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya dan kemudian memperoleh keberhasilan. Bagaimana caranya keberhasilan itu ada ditangan mahasiswa semuanya, dan kita semua harus yakin bahwa kita akan berhasil. Banyak orang-orang hebat di Indramayu dan teman-teman mahasiswa sudah saatnya harus belajar bersama mereka.

Dalam kegiatan ini pula disampaikan bahwa Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Indramayu bidang pendidikan berada di posisi 24 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kondisi ini menjadi perhatian bukan hanya pemerintah tetapi perlu dipahami mahasiswa untuk menjadi peranan penting dalam menaikan kembali IPM Indramayu. Hal yang penting dilakukan pada saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa harus mampu berkolaborasi dengan pemerintah desa dan mendekatkan diri dengan lingkungan masyarakat dan memberikan kontribusi pikiran dan ilmunya dalam rangka membangun desa menuju Indramayu yang lebih baik.

Peranan mahasiswa ketika KKN sangat diharapkan membantu pemerintah desa sebagai unjung tombak menuju tangguh dan bersinergi membangun desa. Sehingga besok KKN bukan liburan tetapi dibawa happy dan ilmu yang didapat di universitas bisa diterapkan terhadap lingkungan masyarakat.

Bupati juga menyampaikan kepada mahasiswa KKN Unwir agar mampu mendukung dan bersinergi dalam menyukseskan program unggulan yang sudah diterapkan di masing-masing desa di Kabupaten Indramayu ini seperti desa digital. Disatu sisi harus bangga dengan kearifan lokal yang dimiliki Indramayu dan bisa dimaksimalkan dengan membranding bagaimana potensi yang ada di desa- desa tempat KKN agar bisa dikenal diluar daerah dengan branding yang baik. Dengan demikian sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat ini mahasiswa bisa terjun langsung melalui kegiatan KKN.

Bupati Nina juga berpesan pada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, mahasiswa hilangkan sikap kurang baik ketika pelaksanaan KKN serta jangan mempercayai berita hoax atau berita bohong, karena sebagai agen of change harus juga dapat memfilter berita-berita yang belum jelas informasinya. Kita harus mampu menyampaikan informasi yang bersumber pada hal yang akurat,terpercaya dan berimbang agar dapat bersama membantu mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

Dalam kesempatan yang baik ini pula turut Hadir Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Prof.Dr Ir Rokhmin Dahuri, MS. Rohmin meminta para mahasiswa Unwir yang melaksanakan KKN untuk bersikap baik dan berguna bagi pemerintah desa dan masyarakat atas ilmu yang didapat selama di universitas.“Sehingga pesan saya untuk mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa harus happy, semangat dalam berkontribusi, sehingga jangan membebani masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi harus mampu bersinergi dalam mencetak para alumni yang unggul, hasil risetnya, dan pengabdian kepada masyarakatnya mampu meningkatkan kapasitas literasi, inovasi, dan daya saing bangsa untuk dapat mewujudkan Indonesia Emas paling lambat pada 2045.

Rektor Universits Wiralodra Dr.Ujang Suratno,SH.,M.Si menyampaikan laporan kegiatan Kuliah Kerja Nyata KKN Universitas Wiralodra tahun 2022, bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh 610 Mahasiswa Semester VI dan dilaksanakan di 40 Desa yang tersebar pada 4 Kecamatan di Kabupaten Indramayu, yakni Kecamatan Losarang, Kandanghaur,Gabuswetan dan Bongas. Kegiatan KKN tahun ini mengangkat tema “Tangguh dan Bersinergi membangun Desa” Mahasiswa kami anjurkan untuk melaksanakan program Bina Desa.

 “Bina desa merupakan KKN alternatif yang berdasarkan program universitas yang terdiri dari desa stunting, desa wisata, desa tertib administrasi, desa digital dan desa pengembangan pertanian. Kami berharap dengan program-program tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan 10 program unggulan Bupati Indramayu,” jelasnya. Selain itu diharapkan, mahasiswa ketika melaksanakan KKN untuk andil mensukseskan program Alasan ini tentu tentunya karena IPM Indramayu masih sangat rendah sehingga perlu disukseskan Program Ja-Ket karena masyarakat Indramayu banyak yang masih buta huruf sedangkan harapan hidup sangat tinggi artinya masih banyak orang tua yang buta huruf.

Terakhir Rektor Universitas Wiralodra juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina,SH.MH.,C.R.A karena selama 40 tahun berdiri Universitas Wiralodra Peserta Kuliah Kerja Nyata KKN baru kali ini langsung dilepas di Pendopo Kabupaten Indramayu Oleh Bupati Indramayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *