2022_bem_fkm_01

Universitas Wiralodra, 1/2/2022. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui program pengembangan Desa Binaan. Desa Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu dipilih oleh Mahasiswa FKM untuk dijadikan Desa Binaan di tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan dalam program Desa Binaan agenda pertama ini yakni Senam masal bersama ibu-ibu, Permainan dan sosialisasi kesehatan pada anak-anak dan Penyuluhan Germas pada ibu-ibu.

Wakil Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Istiqomah Romadhon menyampaikan, Tujuan umum dari dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membina suatu desa agar dapat menjadi desa yang lebih baik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Adapun Tujuan khusus dari kegiatan ini yakni menciptakan masyarakat desa yang mandiri dan mampu mengelola sumber daya yang ada.

Sesuai dengan Program studi kami Kesehatan Masyarakat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Tambi juga suatu keharusan kami untuk dapat disosialisasikan dalam program Desa Binaan ini. Menjadikan masyarakat desa Tambi yang aktif dan unggul dari segi sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Kami juga mencoba menumbuhkan rasa solidaritas dan kerja sama yang baik dalam program pengabdian Desa Binaan antar anggota BEM-FKM Universitas Wiralodra dengan masyarakat desa Tambi. Kemudian Mampu Mengaplikasikan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan bersama menyukseskan program mengurangi bahaya Stunting yang sekarang sedang digalakan oleh Bupati Indramayu melalui Program “Gesit” (Gerakan Penurunan Stunting Indramayu Terpadu). Program Desa Binaan juga yakni dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang di dapat oleh mahasiswa pada pembelajaran untuk langsung di praktekan ke masyarakat sekitar Desa Binaan.

Ditemui di Kesempatan lain Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Tating Nuraeni, S.ST., M.Kes. lebih lanjut menjelaskan Program Desa Binaan juga sebagai salah satu wujud kepedulian sekaligus proses silaturahmi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan warga desa Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Harapannya, kedepan program Desa Binaan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan warga Desa Binaan Tambi. Selain itu semoga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra dapat terus bermanfaat bagi masyarakat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *