2022_pikma_01

Universitas Wiralodra, 2/2/2022. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKMA) Wiralodra laksanakan kegiatan Fokus Grup Discussion dengan mengangkat Tema Public Speaking.
Disela-sela libur Semester Gasal UKM PIKMA Wiralodra gelar Kegiatan FGD yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Wiralodra Senin, 31 Januari 2022. Ketua UKM PIKMA Nurul Hidayah menggandeng Alumni dan Mantan Pengurus PIKMA sebagai Pemateri Diskusi yakni Bayu Saputro,S.Pd. dalam diskusi Public Speaking ini.

Nurul Hidayah menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakanya Kegiatan FGD ini diharapkan Pertama, pentingnya memiliki skill public speaking bagi mahasiswa berkaitan dengan peningkatan dari segi kepercayaan diri. Memiliki rasa percaya diri yang baik pada dasarnya adalah sesuatu yang amat penting untuk dicapai. Ketika memiliki rasa percaya diri yang bagus, maka melakukan semuanya akan terasa sangat mudah. Dengan adanya peningkatan kepercayaan diri, sudah pasti hal tersebut akan mendatangkan sesuatu yang lebih maksimal.

Kedua, pentingnya memiliki skill public speaking bagi mahasiswa juga akan terasa dalam melatih diri untuk berekspresi secara baik. Terkadang beberapa mahasiswa merasa minder dan malu untuk mengekspresikan dirinya. Ada ketakutan apakah ekspresinya tersebut diterima oleh para audience atau tidak. Nyatanya, ini harus terus dilakukan supaya melatih diri untuk bisa berekspresi secara positif, dan juga mampu melakukan semuanya dengan baik.


Pentingnya memiliki skill public speaking bagi mahasiswa yang ketiga adalah membuat kamu mampu menjalankan berbagai tugas kuliah yang berkaitan dengan public speaking. Sebut saja mata kuliah Entrepreneurship, KKN, dan lain-lain yang pastinya akan mengedepankan yang kemampuan verbal seorang mahasiswanya. Jika semua itu dilakukan secara baik, sudah pasti ada banyak manfaat maksimal yang akan bisa dicapai di dalamnya dengan baik.


Selanjutnya kemampuan Public Speaking juga akan amat berguna jika mahasiswa tersebut cukup aktif dan antusias dalam kegiatan organisasi. Tentu tidak mungkin dalam kegiatan organisasi, mahasiswa tersebut hanya diam saja. Pastinya ada pendapat yang ingin dikemukakan. Dari sinilah kemampuan yang satu ini benar-benar amat penting untuk kegiatan organisasi dalam masa kuliah yang panjang itu sendiri.

Dalam Sesi yang berbeda Pembina UKM PIKMA Wiralodra Iman Cahyanto, M.Pd. juga berpesan kepada seluruh anggota PIKMA Wiralodra agar dapat apa yang didapat dari FGD kemarin dapat dikembangkan skill public speakingnya dalam keseharian, baik di kampus atau dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga anggota PIKMA Wiralodra memiliki Nilai Lebih dibandingkan dengan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *