2020_07_tax_center_01

Tax Center Unwir. Sumberdaya manusia yang mumpuni dibidang perpajakan sangat diperlukan, terlebih lagi saat ini pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian. Dirjen pajak menyajikan flatform pelaporan pajak online untuk memudahkan para wajib pajak dalam pelaporan.

Sebagai lembaga yang berfungsi sebagai pusat pengkajian, penelitian, pelatihan dan sosialisasi perpajakan di lingkungan perguruan tinggi tax center unwir menyelenggarakan workshop perpajakan dengan fokus materi pengisian spt tahunan 1770. Workshop tersebut dilaksanakan selama 2 hari dimulai tanggal 12 dan berakhir tanggal 13 november 2020 lalu. Worshop tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Wiralodra Drs. Kambali, M.Pd.I. dalam sambutanya Kambali menyampaikan bahwa Universitas menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini walaupun dalam kondisi keterbatasan akibat status pandemi tax center unwir masih bisa berkiprah, kedepan worshop serupa harus dilaksanakan dengan peserta para pengusaha, dan profesi lain di Indramayu.

Samsul Anwar, M.BA., ketua prodi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra sekaligus juga sebagai Kepala Tax Center Unwir menyampaikan bahwa workshop perpajakan kali ini diikuti oleh 160 mahasiswa di bagi menjadi 3 sesi dengan menghadirkan narasumber dari Kanwil DJP2 Jabar secara daring dan KKP Pratama Indramayu secara tatap muka.

Diharapkan setelah memingkuti kegiatan worshop ini mahasiswa memiliki kompetensi perpajakan salah satunya adalah pengisian spt tahunan 1770. SPT Tahunan jenis 1770 adalah kewajiban pembayaran pajak perseorangan dengan status pekerjaan sebagai pemilik bisnis atau pekerja yang memiliki keahlian tertentu dan tidak ada ikatan kerja. Selain itu, spt jenis ini diberlakukan untuk perseorangan yang bekerja di lebih dari satu perusahaan atau instansi dengan PPh final, penghasilan dari dalam negeri (royalti, bunga, penghasilan dari perbedaan kurs mata uang), dan penghasilan yang diperoleh dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *