2018_02_visitasi_tsp_01

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melakukan visitasi di Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu. Kali ini, yang dilakukan BAN-PT adalah visitasi untuk Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik.

Rektor Unwir Indramayu, Dr. Ujang Suratno, SH., M.Si. mengatakan bahwa visitasi tersebut merupakan event rutin rangkaian perpanjangan Program Studi (prodi) di Unwir. Menurutnya, asesmen lapangan telah dilakukan 28 Februari. Asesor yang ditunjuk adalah Prof. Dr Muhammad Saleh Pallu, M.Eng dari Universitas Hasanuddin, dan Prof. Dr. Ir. Hieryco Manalip, M.Sc., DEA. dari Universitas Sam Ratulangi.

“Tujuan kunjungan ke Unwir untuk mengecek kesesuaian antara boring yang telah dikirim dengan kondisi senyatanya. Yakni, apakah ada yang kurang atau justru melebihi,” katanya, kemarin.

Berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang standar nasional perguruan tinggi masing-masing harus melampaui standar tersebut, termasuk sesuai dengan visi misi PT terkait. Standar yang dimaksud adalah visi misi, tujuan, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, system pengelolaan dan penjaminan mutu. Selain itu, terkait kemahasiswaan dan kelulusan, SDM, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. “Standar lainnya berupa pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama,” kata Ujang Suratno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *