FH-UNWIR : MASA DEPAN ANAK PEKERJA MIGRAN MUTLAK HARUS DILINDUNGI

Universitas Wiralodra, 31/07/21. Masih dalam rangka memperingati dies natalis Universitas Wiralodra ke-39, Fakultas Hukum menyelenggarakan webinar nasional dengan tema Perlindungan Anak Pekerja Migran Indonesia. Dalam webinar tersebut fakultas hukum mengundang narasumber : Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan Ciput Eka Purwianti, S.Si., M.A. , Syamsul Bahri Siregar, S.H., M.H. dan Akhmad Rifki Anak Pekerja Migran Indonesia.

Anak pekerja migran Indonesia mendapat perhatian khusus dari Fakultas Hukum Unwir, pasalnya Syamsul Bahri Siregar salah satu narasumber dalam webinar tersebut menyampaikan bahwa sesungguhnya para pekerja migran Indonesia bertekad mencari penghidupan di luar negeri tiu semata-mata untuk masa depan anaknya yang ditinggalkan di Indonesia. Namun, tujuan mulia tersebut luput dari perhatian, tidak sedikit anak pekerja migran yang ditinggalkan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya tanpa dipersiapkan kebutuhan pendidikannya dan kebutuhan rohaninya. Situasi seperti ini harusnya menjadi perhatian pemerintah dengan memberikan jaminan kepada para pekerja migran atas anak-anaknya yang ditinggalkan dikampung halaman.

Nurwahyuni, S.H., M.H. moderator webinar ini menyampaikan closing statement : Realitas keadaan anak di muka peta dunia ini masih belum menggembirakan, nasib merea belum seindah ungkapan verbal yang kerap kali memposisikan anak bernilai penting jangan sampai penerus masa depan bangsa ini hanya menjadi simbolis tanpa makna berikan kepentingan terbaik untuk anak.