Bupati Indramayu Drs.H.Supendi M.Si melepas 596 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wiralodra Tahun Akademik 2018/2019 yang dihadiri sejumlah Dosen pembimbing di Aula Universitas Wiralodra, Senin (15/7/2019).
“Melalui kuliah kerja nyata (KKN) kita lepaskan sebanyak 596 mahasiswa Unwir yang bertemakan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa,”kata H.Supendi.
Menurutnya, pelepasan 596 mahasiswa dari semua jurusan akan dikirim ke seluruh pesolok di 3 Wilayah Kecamatan di Kabupaten Indramayu. tepatnya Kecamatan Widasari,Kecamatan Bangodua dan Kecamatan Tukdana selama sebulan penuh sejak hari ini hingga bulan Agustus mendatang namun dapat disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan di Desa.


Sementara itu Rektor Unwir Dr. Ujang Suratno, SH., M.Si. mengatakan, KKN ini merupakan salah satu kurikulum yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa dengan strata satu atau sarjana. Maka lewat KKN ini diharapkan seluruh mahasiswa peserta dapat mengimplementasikan berbagai macam pengetahuan yang mereka dapatkan selama menjadi mahasiswa di Kampus.
Baik secara teori maupun kegiatan praktis. “Selain itu, lewat KKN inipun mahasiswa kami telah dilatih untuk memiliki kepekaan terhadap berbagai macam fenomena humanitas atau masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,” kata dia.


Jadi, secara langsung katanya, mereka mendampingi masyarakat, dimana mereka melaksanakan kegiatan KKN itu untuk berupaya memecahkan masalah yang sedapat mungkin mereka dapat pecahkan sesuai dengan tema yang ada. “Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Menuju Kemandirian Desa,” ujarnya.
Dengan KKN ini bisa memberikan kepada mereka pengalaman-pengalaman penting terutama bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi baik dengan masyarakat tentunya akan tergatung pada dosen pembimbingnya.


“Seandainya kita berkomunikasi dan tidak mempunyai kemampuan berpikir kritis, maka komunikasi itu tidak akan berjalan baik oleh karna itu saya berharap KKN Unwir ini bisa berjalan dengan baik dan sangat tergantung kemampuan dosen,” harap Ujang. (*)
(Humas Unwir/AS)