Finalis Pemilihan Duta Genre Kabupaten Indramayu 2024, ALFI LULU, dengan nomor urut 05 asal Desa Jatisura blok 02 Kecamatan Cikedung, kabupaten Indramayu, Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PIKMA Universitas Wiralodra, merupakan Mahasiswi aktif pogram studi ilmu hukum Fakultas Hukum Universitas Wiralodra.

Kegiatan ini menjelaskan mengenai proses advokasi yang dilakukan oleh ALFI LULU Finalis Duta Genre, acara yang dilaksanakan di ruangan pertemuan SMA Negeri 1 Terisi tersebut diikuti oleh anggota dan pengurus OSIS dengan penuh rasa apresiasi yang tinggi, dikarenakan saya merupakan alumni dari OSIS SMA Negeri 1 Terisi maka dari itu saya berkeinginan para Siswa/ Siswi mempunyai nilai yang berkualitas dan mempunyai tujuan yang terencana untuk masa depan.

Sering kali para pelajar mengesampingkan akan tujuan untuk kehidupannya mengenai tujuan jangka panjang dalam hidup, maupun tujuan dalam sehari-hari. Remaja memiliki tujuan membantu untuk memotivasi diri dan memberi arah dalam hidup mereka dengan menghadapi tantangan dan mengambil langkah-langkah konkret menuju masa depan yang diinginkan.

Remaja yang memiliki tujuan hidup yang jelas cenderung lebih fokus dan memiliki arah yang positif, sehingga lebih mampu menghindari dan mencegah masalah seperti Triad KRR (Kenakalan remaja, Seks bebas, dan Narkoba). Dengan adanya tujuan, mereka dapat lebih mudah mengarahkan energi mereka ke aktivitas yang produktif dan membangun, serta mengurangi risiko terlibat dalam perilaku negatif.

Tujuan hidup yang jelas juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, serta memberikan motivasi untuk menjauh dari perilaku yang merugikan dan lebih fokus untuk menggapai cita-cita.

Beberapa program cara konkret untuk membantu remaja menetapkan dan mengejar tujuan terencana yaitu meliputi:

  1. Diskusi Terbuka with Fiilulu : Mengajak remaja berdiskusi tentang minat dan aspirasi mereka untuk memahami apa yang mereka inginkan.
  2. Penetapan tujuan SMART with Fiilulu : Membantu mereka untuk menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, achievable (dapat dicapai), Relevan, dan terikat waktu.
  3. Perencanaan langkah kecil with Fiilulu : Membantu mereka memecah tujuan besar menjadi langkah-langkah kecil dan dapat dicapai.
  4. Motivasi dan Dukungan with Fiilulu : Memberikan dorongan positif dan dukungan moral secara konsisten.
  5. Evaluasi berkala with Fiilulu : Menanyakan tentang kemajuan mereka secara berkala dan sesuaikan rencana jika diperlukan.
  6. Positif vibes with Fiilulu : Tentunyaa memberikan contoh kepada mereka mengenai orang-orang yang telah mencapai tujuan mereka untuk menginspirasi mereka dan membuatt mereka agar selalu berfikiran positif sehingga value (Nilai) dalam dirinya akan mencerminkan perilaku dan pikiran maupun perasaannya selalu positif maka akan adaa nilai yang berkualitas tinggi

Jadi, untuk mengenai program with Fiilulu ini Siswa/Siswi sangat mengapresiasi sangat baik dan berkeinginan untuk ikutt serta mewujudkan kehidupan Gemilang di masa depan dengan langkah nyata.

“Putra-Putri dari pelosok negeri bersama dalam satu mimpi bertekad kuat di dalam hati bersatu padu membangun negeri.”

#GenReIndramayu

#GenReJawaBarat

#GenReIndonesia

#BerencanaItuKeren

#PilDutGen24

#LustrousGeneration

#UnwirUngguldanKompetitif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *