2020_11_dosen_fe_01

Indramayu, 09/11/2020. Pengabdian Kepada Masyarakat adalah salah satu Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh dosen. Tidak hanya untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi semata, pengabdian kepada masyarakat dapat juga diterapkan sebagai salah satu media edukasi di ruang publik.

Meddy Nurpratama, S.E., M.M., (Ketua Pelaksana) bersama Samsul Anwar, S.E., M.BA. (Anggota) menyelenggarakan sosialisasi pentingnya penerapan digital marketing bagi para pelaku usaha diera digital saat ini. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu ini difasilitasi oleh Lurah Karangmalang dan Kepala Pasar Daerah Indramayu. 15 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengikuti kegiatan ini nampak antusias, beberapa peserta aktif bertanya dan menceritakan pengalaman usahanya. Peserta tersebut adalah pedagang pasar tradisional di pasar tradisional Indramayu.

Meddy menyampaikan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pelaku UMKM pentingnya menerapkan sistem marketing/penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital, agar omsetnya meningkat, kemudian promosinya tidak terbatas. Pemanfaatan teknologi bagi pelaku UMKM ini bukan lagi sesuatu yang baru namun, kurangnya pemahaman serta pendampingan bagi para pelaku UMKM dalam hal tersebut menjadi kendala saat ini. Untuk itu kami berinisiatif melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran para pedagang pasar tradisional tuturnya.

Kedua Dosen Fakultas Ekonomi ini menengarai para pelaku UMKM khususnya pedangan di pasar tradisional hanya 20% saja yang memanfaatkan teknologi untuk usahanya sehingga tepat jika dilaksanakan sosialisasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *