2020_15_fkm_01

Indramayu, 02/11/2020 Eko Maulana Syaputra, S.KM., MPH. pengampu mata kuliah analisis kualitas lingkungan pada semester lima Program Studi Kesehatan Masyarakat mengajak mahasiswanya kelapangan untuk melakukan praktikum dengan topik pengukuran kualitas air sungai.

Praktikum dilakukan di sungai bungkul dan bendungan karet brondong, pada masa pandemi ini praktikum dibatasi pesertannya dengan membagi menjadi beberapa kelompok. Eko menyampaikan pengukuran yang dilakukan yaitu kecepatan/arus air, selain itu juga diikur parameter fisik seperti suhu, bau, warna, rasa, dan pH. Kami juga mengukur TDS (Total Disolved Solid) yaitu padatan yang terlarut di air dan DO (Disolved Oxygen) atau kadar oksigen yang terlarut di air.

Baca juga : Fkm-Unwir : Tetap Eksis Dimasa Pandemi

Diharapkan dengan praktikum ini, mahasiswa mengetahui gambaran kualitas air sungai khususnya di Indramayu tuturnya. Data yang diperoleh dari peraktikum tersebut akan kami diskusikan di dalam kelas sebelum kami simpulkan.  Saya harap juga mahasiswa mampu menganalisis kulaitas lingkungan dan pengetahuan itu bisa diterapkan di lingkungan mereka pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *