Indramayu, Dr. Ujang Suratno, SH., M.Si (Rektor Universitas Wiralodra) saat di temui redaksi (12/08), mengaku bangga  atas raihan peringkat Universitas Wiralodra versi Kemenristekdikti berada di peringkat 795 dan versi Uni Rank berada di peringkat 13 Top Universities in West Java tahun 2017, hal ini tidak lepas dari peran elemen Universitas Wiralodra seperti Humas dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Saya mengapresiasi atas kinerjanya dalam kurun waktu satu tahun ini Ir. Yudhi Mahmud, M.P. Ketua LPPM dapat menaikan peringkat Unwir menjadi 795 dari 3244 perguruan tinggi, yang sebelumnya Unwir berada di peringkat 1106 versi yang dirilis Kemenristekdikti tahun 2016, begitu juga peran humas yang menjadi garda terdepan Universitas Wiralodra yang terus kami dorong untuk melakukan publikasi, memelihara hubungan dengan stakeholders : rekan-rekan pers, institusi pemerintahan dan swasta terlebih lagi hari ini eranya sosial media, maka kita harus ambil bagian didalamnya.

Indikator yang digunakan dalam pemeringkatan perguruan tinggi versi kemenristekdikti adalah, kualitas dosen (12%), dengan menghitung jumlah dosen berpendidikan doktor, lektor kepala dan guru besar, serta kecukupan dosen tetap (18%). Indikator lain adalah akreditasi (30%), baik institusi maupun jumlah program studi terakreditasi A maupun B.

Indikator berikutnya adalah kualitas atau prestasi kegiatan kemahasiswaan (10%), dan indikator yang terakhir adalah, kualitas kegiatan penelitian (30%) dengan menghitung capaian kinerja penelitian sesuai kreteria yang ditentukan serta jumlah dokumen yang terindeks scopus. Untuk itu kami berusaha terus mendorong aktifitas akademik dan non akademik untuk mencapai peringkat terbaik tandasnya.

Sementara ketua LPPM Ir. Yudhi Mahmud, M.P. menjelaskan upaya-upaya perbaikan kualitas dan peningkatan kinerja dosen di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat terus kami upayakan, di tahun ini sebanyak 20  proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kami kirim untuk dikompetisikan di kemenristekdikti pada tahun anggaran tahun 2018, mudah-mudahan terjaring dan dapat direalisasikan tegasnya. (H-01)