Indramayu, Ekonomi syariah yang saat ini menjadi perhatian publik memicu rasa penasaran akan keamanan, dan kenyamanan bagi nasabahnya, hal ini ramai diperbicangkan dalam diskusi mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Unwir tergerak untuk menuntaskan diskusinya dalam seminar sehari dengan tema “Membumikan Ekonomi Syariah Melalui Lembaga Keuangan Syariah”. (20/12/2017) Dalam kesempatan ini hadir sebagai narasumber Ahmad Ifham Sholikin dan DR. Setiawan Budi Utomo dari OJK yang membidangi Perbankan Syariah.  Wakil Rektor III Drs. H. Rusydi, M.M., dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa ekonomi syariah saat ini masih menjadi pro dan kontra, bahkan ada statement yang mengatakan sama saja dengan konvensional, untuk itu silahkan manfaatkan kesempatan ini dengan baik, gali informasi sedalam-dalamnya mengenai ekonomi syariah agar dalam memahaminya mahasiswa tidak setengah-setengah. kami menyambut baik atas prakarsa hima perbankan syariah dalam penyelenggaraan seminar ini.

Ditemui di sela sela rehat, Dekan Fakultas Agama Islam yang saat ini sebagai kandidat doktor H. Ibnu Rusydi, M.A. menyatakan bahwa kegiatan seperti ini akan sering di selenggarakan, ini murni gagasan mahasiswa, kami hanya mendorong, agar kegiatan ini terselenggara dengan baik. Mahasiswa hari ini begitu kritis menganalisa gejala sosial salah satunya ekonomi syariah untuk itu kita fasilitasi perdebatan mereka melalui seminar ini. semoga setelah mereka mengikuti seminar ini, mereka dapat mengerti dan dapat memberikan gagasan dan ide pada instansi yang berwenang.

Seminar sehari yang diselenggarakan di auditorium Universitas Wiralodra ini, dipenuhi oleh 100 peserta dan tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, namun juga dihadiri oleh dosen, perwakilan perbankan, dan siswa SLTA se wilayah III cirebon.